Saturday, December 23, 2006

TANTANGAN SANG SINGLE TRAVELER

(Sebuah Catatan yang Terkumpul dari Perjalanan Lebaran 2006)

Dari perjalanan international soranganku tahun 2005 dengan Singapore Airlines, ada satu hal kecil yang mengesankan buatku. Restroom yang user friendly banget buat single traveler. Apanya yang user friendly?
Coba deh kalo’ kebetulan ada rejeki pake’ Raffles ataupun First Classnya SQ. Nah, ada kesempatan tuh buat nyobain SQ lounge di Changi Airport. Uenak banget deh. Luas, banyak bacaan, free internet access plus sejumlah desktop PC tersedia dan free flow soft drinks and snacks. Trous, ini dia yang paling berkesan: restroomnya sak ablah-ablah, dengan lima kamar mandi yang udah kayak di hotel bintang lima. Handuk bersih dan amenities tersedia dan segera selalu diganti dengan yang baru begitu kita selesai make’ kamar mandinya, plus ada space buat nyimpen travel bag dll yang kita bawa. Space ini gak cuma di kamar mandinya SQ lounge, tapi juga di restroom area di kawasan Changi airport. Ini nih yang kubilang user friendly buat single traveler. Enak khan, kita gak perlu takut barang bawaan kita disita petugas atau diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab selagi kita melepas hajat yang tak tertahankan.

Nah, di perjalanan lebaran 2006 menuju Jawa Timur ini, kutemukan kenyataan yang berbeda, yang bikin aku bertanya … kapan ya, Indonesia punya fasilitas umum kayak negeri tetangga ini?

Beberapa fasilitas umum yang jadi idaman single traveler (paling ngga’ ya … jadi idamanku), seperti: locker, carrier watchers, safety in public facilities, tempat sholat yang nyaman, bersih, tenang dan aman.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home