Saturday, December 23, 2006

MUDIK – SEKALI MERENGKUH DAYUNG: NYEKAR, KETEMU SESEPUH PLUS WISATA KULINER

(Sebuah Catatan yang Terkumpul dari Perjalanan Lebaran 2006)

Apa yang biasa kita lakukan ketika sudah sampai di kota tujuan mudik lebaran? Beragam jawabannya, tapi yang sering muncul antara lain: wisata kuliner (nyobain lagi jajanan masa kecil dan jajanan khas daerah tersebut), ketemu sanak keluarga, kangen-kangenan ama temen sekolah, piknik di objek wisata terdekat dan tentu saja nyekar ke makam para sesepuh.

Ngomong-ngomong soal wisata kuliner, kalo’ kita sempet mampir ke Bondowoso, sebuah kota kecil di puncak gunung Arak-Arak di Jawa Timur, jangan lupa untuk ke Pecinan dan mampir di:
Toko kue Neutral: home made sus flanya ugh, tiada dua; roti glory dan roti sobeknya enak, dan akan lebih enak kalo dibawa buat bekal naik gunung. Oya, tacik yang jual disana udah sejak aku masih TK tiga puluh tahun lalu.
Toko kue Lezat/Asa: jajan pasarnya emang lezat (perut ayam, apem selong, carabikang)
Toko Tape, ada banyak sekali. Tapi yang paling enak 82, 63, 66

Di jalan Stasiun, jangan lupa mampir di:
Bakso Pak Kromo
Sate dan nasi kaldu gule Yik Mat
Penjualnya adalah sahabat almarhum bapak. Sampe’ sekarang, si Yik ini masih inget ama semua anak bapak dan biasanya kita dikasi sumsum buanyak banget. He he, praktek kolusi dan nepotisme skala kecil neh.

Di Gang Penjara, jangan sampai melewatkan:
Pangsit/Cwimie Atta
Yang jualan ini, temennya mas Yoed. Jago banget silat, dulu termasuk masternya Elang putih.
Lopis

Di depan Penjara, ada:
Nasi Jajan (semacam nasi rames). Hanya ada pagi sampe’ sebelum makan siang. Ramenya audzubillah deh.
Trous, di kota inilah surga mangga, semangka dan blewah. Harganya muuuuuuraaaaah banget. Dan rasanya muaaaaaaniiiiiis banget. So, don’t miss it.

Nah, kalo sempet ke Jember (setengah jam perjalanan dari Bondowoso), sempetin deh nyobain Chinese food Chong On, rujak cingur dan soto madura.

Tahun ini, selain ketemu dhe En dan Yakob, burung kakak tua di Bondowoso, kita juga sempet bersilaturahmi ke Jember, ke rumah Oom John, tante Su’o di , tante Acak dan mbak Kris, putrid almarhum oom Ni, kakak lelaki ibu yang tertua. Dan sempat juga nyekar ke makam eyang kakung, eyang utie dan ibu.


Mas Dhen sekeluarga juga sempat bersilaturahmi ke oom Aming (adik terkecil bapak) di Waru, Sidoarjo dan nengok oom Abul yang waktu itu dirawat di rumah sakit. Gak berselang lama setelah lebaran, oom Abul kembali ke hadirat Ilahi karena penyakit sirosis hatinya.

2 Comments:

At 10:02 PM, Blogger ykrisnahadi said...

nasi jajan yg didepan penjara aku belom pernah diajak maknya, apa doi ga tahu ya? yg di jember juga belom semua, kalo nasi pecel yg didalem pasar sering, uenak iku isinya macem2 ada dendeng, peyek yummy!

 
At 3:37 AM, Blogger nennot said...

Ini kayaknya pindahan dari yang didalem pasar.
Chong On - ayam goreng menteganya, slurrrp deh.
Rujak cingur - di warung persis samping gank rumah mas Dhen di Jember dulu. Warung ini juga jual cwimie lumayan enak. Es degannya juga mak nyus ...

 

Post a Comment

<< Home